Area VI Tim Pembangunan ZI PT Surabaya
Penguatan Kualitas Pelayanan Publik
Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan suatu upaya untuk meningkatkan kualitas dan inovasi pelayanan publik pada masingmasing instansi pemerintah secara berkala sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat. Disamping itu, peningkatan kualitas pelayanan publik dilakukan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap
penyelenggara pelayanan publik dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan menjadikan keluhan masyarakat sebagai sarana untuk melakukan perbaikan pelayanan publik.
-
Meningkatnya kualitas pelayanan publik (lebih cepat, lebih murah, lebih aman, dan lebih mudah dijangkau) pada instansi pemerintah;
-
Meningkatnyajumlah unit pelayanan yang memperoleh standardisasi pelayanan nasional dan/atau internasional pada instansi pemerintah;
-
Meningkatnya indeks kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik oleh masing-masing instansi pemerintah.
Susunan Tim
Koordinator Area
H. BUDI SUSILO, S.H., M.H.
Anggota
# | Nama |
---|---|
1 | Haryono, S.H., M.H. |
2 | Sutriadi Yahya, S.H., M.H. |
3 | Fauzi, S.H. |
4 | Hj. Ngasrini, S.H., M.H. |
5 | Hj. Eni Lestari R, S.H. |
6 | Roihah, S.H. |
7 | Yudo Hartopo, S.H. |
8 | Ratna Dwi Insani, S.H. |
9 | Chandra Rochim, S.H. |
9 | Achmad Khabibulloh, S.H. |
9 | Angeline Novidenta Manurung, S.H. |
Rencana Kerja
Tujuan dari peningkatan kualitas pelayanan publik adalah meningkatkan kualitas pelayanan publik,
unit pelayanan memperoleh standarisasi pelayanan dan meningkatkan Indeks Kepuasan Masyarakat
terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di Pengadilan Tinggi Surabaya dan Pengadilan Negeri se
Wilayah Hukum Pengadilan Tinggi Surabaya. Rencana akasi dalam komponen penguatan pengawasan ini
meliputi :
- 1. Menetapkan kebijakan standar pelayanan dan membuat inovasi terkait standar pelayanan
untuk meningkatkan pelayanan. - 2. Memaklumatkan standar pelayanan.
- 3. Melakukan review dan perbaikan atas standar pelayanan.
- 4. Melakukan sosialisasi/pelatihan dalam upaya penerapan budaya pelayanan prima.
- 5. Melakukan publikasi agar informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media.
- 6. Menetapkan sistem pemberian penghargaan dan sanksi bagi petugas pemberi pelayanan.
- 7. Menetapkan sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai
standar. - 8. Memiliki media pengaduan dan konsultasi pelayanan yang terintegrasi dengan SP4N-Lapor!
- 9. Melakukan survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan.
- 10. Melakukan tindak lanjut atas hasil survei kepuasan masyarakat.
LKE
Pemenuhan
Standar Pelayanan
# | Indikator | Eviden |
---|---|---|
1 | Terdapat kebijakan standar pelayanan | Link |
2 | Standar pelayanan telah dimaklumatkan | Link |
3 | Dilakukan reviu dan perbaikan atas standar pelayanan | Link |
3 | Telah melakukan publikasi atas standar pelayanan dan maklumat pelayanan | Link |
Budaya Pelayanan Prima
# | Indikator | Eviden |
---|---|---|
1 | Telah dilakukan berbagai upaya peningkatan kemampuan dan/atau kompetensi tentang penerapan budaya pelayanan prima | Link |
2 | Informasi tentang pelayanan mudah diakses melalui berbagai media | Link |
3 | Telah terdapat sistem pemberian penghargaan dan sanksi bagi petugas pemberi pelayanan | Link |
4 | Telah terdapat sistem pemberian kompensasi kepada penerima layanan bila layanan tidak sesuai standar | Link |
5 | Terdapat sarana layanan terpadu/terintegrasi | Link |
6 | Terdapat inovasi pelayanan | Link |
Pengelolaan Pengaduan
# | Indikator | Eviden |
---|---|---|
1 | Terdapat media pengaduan dan konsultasi pelayanan yang terintegrasi dengan SP4N-Lapor! | Link |
2 | Terdapat unit yang mengelola pengaduan dan konsultasi pelayanan | Link |
3 | Telah dilakukan evaluasi atas penanganan keluhan/masukan dan konsultasi | Link |
Penilaian Kepuasan terhadap Pelayanan
# | Indikator | Eviden |
---|---|---|
1 | Telah dilakukan survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan | Link |
2 | Hasil survei kepuasan masyarakat dapat diakses secara terbuka | Link |
3 | Dilakukan tindak lanjut atas hasil survei kepuasan masyarakat | Link |
Pemanfaatan Teknologi Informasi
# | Indikator | Eviden |
---|---|---|
1 | Telah menerapkan teknologi informasi dalam memberikan pelayanan | Link |
2 | Telah membangun database pelayanan yang terintegrasi | Link |
3 | Telah dilakukan perbaikan secara terus menerus | Link |
Reform
Upaya dan/atau Inovasi Pelayanan Publik
# | Indikator | Eviden |
---|---|---|
1 |
Upaya dan/atau Inovasi Pelayanan Publika. Upaya dan/atau inovasi telah mendorong perbaikan pelayanan publik pada: 1. Kesesuaian Persyaratan 2. Kemudahan Sistem, Mekanisme, dan Prosedur 3. Kecepatan Waktu Penyelesaian 4. Kejelasan Biaya/Tarif, Gratis 5. Kualitas Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan 6. Kompetensi Pelaksana/Web 7. Perilaku Pelaksana/Web 8. Kualitas Sarana dan prasarana 9. Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan |
Link |
b. Upaya dan/atau inovasi pada perijinan/pelayanan telah dipermudah: 1. Waktu lebih cepat 2. Pelayanan Publik yang terpadu 3. Alur lebih pendek/singkat 4 Terintegrasi dengan aplikasi |
Link |
Penanganan Pengaduan Pelayanan dan Konsultasi
# | Indikator | Eviden |
---|---|---|
1 | Penanganan pengaduan pelayanan dilakukan melalui berbagai kanal/media secara responsive dan bertanggung jawab | Link |
Monev Area
Profil